GoUNBK Lahir Sebagai Solusi dari Pelaksanaan UNBK?

Pemerintah melalui Kementrian Pendidikan telah lama menyelenggarakan UNBK sebagai metamorfosis Pelaksannan UN. Mengadopsi CBT (Computer Based Test) mengharuskan sekolah sebagai tempat pelaksanaan mempunyai Infrastruktur wajib dalam pelaksanaan UNBK, PC server dan tentu saja PC Klien.


Sedikit Teknis UNBK, PC Server yang ada di sekolah menjadi server yang melayani layanan Ujian di sekolah, Dengan metode Semi-Online ini, PC server akan mengambil data penting ujian (data siswa, Soal, dan data penungjang) dari server pusat untuk disimpan di server dimana proses ini disebut sinkronisasi, kemudian pada hari pelaksanaan Soal akan didistribusikan ke peserta ujian (Klien) dengan standar keamanan yang cukup tinggi.

Dalam pembahasan ini, kami berfokus pada POS UN yang menyatakan bahwa prasyarat yang dibutuhkan di sisi klien adalah sebagai berikut :

  • Hardware klien dengan spesifikasi minimal telah ditentukan
  • OS Klien mengakomodir Windows, MacOS dan Linux
  • Aplikasi Exam di klien yang disebut dengan Exambro Client tersedia untuk Windows, MacOS dan Linux. Aplikasi Exam klien ini dirancang dengan standar keamanan ketat sehingga jika ada akses yang BUKAN dari Aplikasi ini maka tidak diijinkan. Selebihnya pada aplikasi ini akan mempunyai fitur mampu mendeteksi koneksi internet, sehingga jika pada jaringan klien terdapat akses internet maka aplikasi tidak dapat berjalan. Fitur yang lain adalah fitur Lock Window, artinya jika aplikasi ini telah berjalan dan digunakan maka peserta ujian tidak akan dapat berpindah ke window lain yang dikuatirkan menjadi akses untuk mencotek dan aktifitas ilegal lainnya.

Pada perkembangan pelaksanaan di sisi klien terdapat banyak pemasalahan yang muncul akibat Lingkungan OS yang kebanyakan Windows disebabkan serangan Virus yang membuat OS tdk berjalan semestinya. Perlu diingat bahwa pelaksanaan UNBK sangat pertumpu pada Jaringan, artinya semua aplikasi dan protokol yang dipergunakan adalah berhubungan dengan jaringan.

Pada sisi klien dengan OS Windows banyak dijumpai sebuah virus yang memblok service di windows seperti firewall dan pengaturan yang berhubungan dengan jaringan. Bagaimana jika terjadi kendala lain seperti BSOD

Atau seperti ini

Flashback 3 tahun ke Belakang

Dahulu kala, pada klien UNBK mengalami BSOD dan pada saat bersamaan pula jumlah klien terbatas, dan rata-rata PC yang bermasalah adalah PC tua yang memang dipaksakan dipakai karena pertimbangan KEMAMPUAN PENYEDIAAN SUMBERDAYA INFRASTRUKTUR. Mungkin teknisi akan sedikit pusing dengan kejadian tersebut, Inul a.k.a Install ulang bukanlah hal yang cukup menjanjikan mengingat proses yang relatif “lama” dalam pengejaan. Nah muncul ide, Pada SOP disebutkan klien UNBK dapat menggunaka OS window, MacOS dan LINUX, dan Exambro client pun sudah tersedia di masing-masing platform.

Sang Proktor teringat dengan Linux yang punya banyak Distribusi (distro) yang mampu berjalan secara live (live OS atau Live CD), Bagaimana jika saya jalankan live os, atur IP address sesuai dengan segmen di SOP UNBK, kemudian kita kopikan exambroclient versi linux dan ujian jalan kembali?

Masuk akal bukan, … Eh Live OS linux bisa jalan di CD ya?? Bisa!!! atau di USB Flashdisk? ooooooo sangat bisa???

Bagaimana dengan Driver hardware dll??? Dalam linux driver sudah dibundle dalam kernel, walaupun LiveOS, semua perangkat keras dapat berjalan dengan baik walaupun tanpa proses “install driver sperti pada windows”

Apakah dengan cara tersebut di atas kita siapkan misalnya USB Flashdisk sebanyak yang kita inginkan untuk disetiap PC?

Ya, dan artinya jika kita jalan di Live OS maka kita perlu membuat bootable USB Live OS. memang ribet kelihatannya. tetapi cara itu cukup dapat menolong dengan waktu relatif cepart jika USB live OS sudah dibuat sebelumnya.

Secercah Harapan muncul

Dari kisah di atas muncul keinginan agar hal tersebut lebih mudah dan tentu saja efisien. Cadangan Live OS bisa diakses instan tanpa perlu mempersiapkan banyak USB Live OS, atau bagaimana jika Live OS disediakan terpusat?? kemudian didistribusi secara seamless untuk dieksekusi diklien?
Lewat apa???? Bagaimana jika lewat jaringan? emmm masuk akal!! Bagaimana?? Googling dong!!!

PXE, PXE BOOT, DHCP, DNSMASQ, dan jampi-jampi lainnya di kemas dalam sebuah server, dan kata orang menyebutnya PXE server dan sebagian menyebut dengan diskless server.

Bagaimana jika server dan klien diskless tersebut menggunakan windows?

Boleh saja, asal tahu bagaimana “Term of Agreement” terkait OS yang digunakan

Bagaimana jika pake Linux??

Boleh, kan sudah dibilang jika kita tahu bagaimana “Term of Agreement” terkait OS yang digunakan

Nah bagaimana dengan ini

Atau ini

Bagaimana dengan cuplikan video berikut:

Jika PC klien Ngadat

Atau mau dibuat diskless client hanya dengan hitungan menit kemudian klien Online kembali

lagi …

Nah terkait dengan adanya ini silahkan memberikan masukan dan komentar yang membangun….

Silahkan kunjungi Official Web GoUNBK

4 thoughts on “GoUNBK Lahir Sebagai Solusi dari Pelaksanaan UNBK?

  1. Pengen nyoba pak, tapi tahun depan aja. Ilmunya masih kurang. Tak pelajari dulu dr master2 yg sudah menggunakan goUNBK.
    Terima kasih atas informasinya

  2. First of all I would like to say great blog! I had a quick question in which I’d like to ask if you do not mind. I was curious to find out how you center yourself and clear your thoughts prior to writing. I’ve had difficulty clearing my thoughts in getting my ideas out there. I do take pleasure in writing however it just seems like the first 10 to 15 minutes are usually lost simply just trying to figure out how to begin. Any recommendations or tips? Thanks!|

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *