Facebook meluncurkan robotics framework PyRobot

Tim Facebook AI sebenarnya mengejakan projek robotic sedikt mengalami keterlambatan. Facebook yang telah memulai beberapa tahun tahun yang lalu untuk mengembangkan robotic diseluruih dunia dan mempunyai tekat untuk menrealisasikan hexapod robot mereke dapat berjalan. Pekan lalu, Facebook AI meluncurkan Replica photorealistic training data set dan simulasi untuk engine untuk embodied AI, dalam hal ini robot-robot mereka.

Facebook AI saat ini memperkenalkan open source robotics framework yang mereka juluki PyRobot. Hasil dari kolaborasi antara para peneliti di Carnegie Mellon University, PyRobot dapan berjalankan training dengan deep learning models menggunakan Facebook’s machine learning framework PyTorch.

Pada peluncurannnya, PyRobot dapat mengotaki Sawyer robots sang robot penggergaji dan LoCoBot. Di sisi yang sama Pyroinot juga dapat mensuport mesin lain seperti UR5 dari Universal Robots dan Franka yang akan hadir segera serta intergrasi dengan simulator seperti MuJoCo dan Habitat.

PyRobot didesain untuk membantu para peneliti researchers dan ilmuwan untuk bekerja dengan sebuah robot dalam waktu yang cepat. Facebook mengingankan PyRobot dapat mempercepat adopsi dan pertumbuhan ekosistem robotic research dengan memberikan AI community dukungan API untuk sharing code, data sets, dan model. sebagai awalan, framework diluncurkan dengan pretrained models untuk navigation, grasping, dan pushing algorithms.

PyRobot menyediakan API dan high-level code pada commands untuk mengontrol pergerakan robot dengan path planning, visual SLAM, joint position control, joint velocity control, dan joint torque control. Open source robotics framework dapat membantu para pelaku AI untuk berekperimen serta mengukur progres projek merekan. Facebook merencanakan berkolaborasi dengan anggota robotics research community untuk mengembangkan benchmark data sets.

Seperti  Amazon’s RoboMaker, PyRobot berperan sebagai interface atop Robot Operating System (ROS). Microsoft juga merilis robotics toolkit pada limited preview pada Mei di integrasikan di  ROS Windows 10 last year.

PyRobot merupakan Python-based terbaru yang ditawarkan oleh Facebook, sebagai pelengkap di deep learning framework PyTorch diperkenalkan juga PyTorch Hub akhir bulan ini 

Nah kita lihat saja persaingan timeline AI beberapa bulan ke depan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *