Raspberry Pi 4 hadir dengan CPU yang lebih kencang dan mendukung dual 4K monitor

Dengan diluncurkannya Raspberry Pi 3 Model B+, para opreker komputer dapat merasakan sensasi full desktop komputer akan tetapi masih banyak keterbatasan, dengan Raspberry Pi 4 Model B tentu akan membawa cerita tersendiri.

Dengan prosesor yanng lebih powerful, pilihan RAM dan hardware video decoding H.265 4K, Dual HDMI output, dan Gigabit Ethernet membuat Raspberry Pi 4 mempunya performa yang lebih gahar dari sang kakak-kakaknya. dan kabar buruknya Layout board yang baru berarti bahwa versi ini tidak kompatibel dengan versi sebelumnya.

Highlight Raspberry Pi 4

  • Performa: processor yang lebih cepat membuat Pi 4 gesit dan handal untuk digunakan membangun project yang lebih rumit dengan kosekwensi si CPU akan menjadi lebih hangat.
  • Pperforma Grafis: Perbedaan yang paling menonjol bahwa P1 telah mendukung dual monitor dan jika kita melihat pada spesifikasi hardware maka soal kualitas grafis tidak bisa diragukan lagi
  • Fitur:  Peningkatan kecepatan dan performa SD card, USB 3.0 ports, full-speed Gigabit Ethernet and Bluetooth 5.0 dan beruntungnya masih mempunyai GPIO, Interfce seperti camera dan display masih bisa diimplementasikan di Pi 4

Processor dan RAM

Dipersenjatai quad-core Broadcom BCM2711 SoC.yang berjalan di 1.5GHz, lebih cepat 100MHz daripada 1.4GHz quad-core Broadcom BCM2837yang digunakan di Pi 3 Model B+, tetapi berbedaan kecepatan antara Pi 4 dan Pi3 terpaut cukup besar ini disebabkan karena Pi 4 menggunaan ARM v8 Cortex-A72 cores sedangkan Pi 3 model B menggunakan Cortex-A53

Selain peningkatan di sisi dapaur pacu, Pi 4 juga untu pertama kalinya menawarkan beberapa pilihan ukuran RAM, 1GB (£34), 2GB (£44) dan 4GB (£54). Pi 4 menggunakan DDR4 RAM yang lebit terbaru dan modern.

Dual monitor dan memainkan 4K video dengn beberapa keterbatasan

Pi 4 GPU dapan menjalankan dua monitor melalaui dual mini-HDMI ports . Kita dapan memasang 2 monitor 4K, walapun hanya berjalan 30Hz refersh rate, sayang memang jika peruntukannya dibandingkan dengan desktop level. Sebagai alternatif, jika kita mengaktifkan mode 4K HDMI di Raspbian, kita dapan emnjalan 1 monitor 4K pada 60Hz dan meonitor ke 2 pada mode Full HD display, dan mungkin alternatif ini lebih nyaman di mata

Raspberry Pi 4 dengan networking dan storage yang lebih kencang

Dibekali 802.11ac Wi-Fi built in, yang ketika diuji mampu mencetak angka 95.5Mbps menggunakan iPerf dan tidak lupa Bluetooth 5.0 turut melengkapi. Gigabit Ethernet port juga telah dioptimalisasi dan mampu berjalan di throughputs 896Mbit/s menggunakan iPerf.

Pi 4 juga mempunyai microSD card slot up to 50MBps, yang dimana 2 kali lebih kencang dari Pi 3. Untuk booting dan loading applikasi terasa akan sangat berbeda ditambah lagi jika kita menggunakan kualitas microSD yang bagua akan semakin wuss. oh ya terdapat juga USB 3.0 port pada bagian belakang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *