Aplikasi Alternatif Whatsapp yang “Konon” lebih aman

Ada banyak jenis aplikasi instant messanging yang Konon katanya “aman” yang tersedia untuk beberapa platform. Kebanyakan dari aplikasi tersebut bergulat dengan isu masalah privasi — beberapa juga membutuhkan nomor telepon untuk dapat berjalan. ‘Session‘ adalah salah satu aplikasi open-source messenger yang tidak membutuhkan nomor hp/telpon sama sekali.

Session secara asal usul merupakan fork dari aplikasi private messenger populer yang bernama Signal yang tersedia di Android, iOS dan PC. Untuk Platform PC tersedia untuk MacOS, Linux dan tentu saja Windows

Session adalah aplikasi end-to-end encrypted messenger yang tidak mengumpulkan data data sensitif pengguna yang diperuntukan bagi pengguna yang membutuhkan kenyamanan privasi. Session dibuat oleh Loki Foundation yang menawarkan fitur pengaturan privasi antara lain:

Tanpa membutuhkan nomor telepon.

Session tidak membutuhkan nomor telepon cukuppenggun diminta “Create Account” yang dimana pada tahap tersebut akan di generate Session ID unik secara acak seperti: 056779045af9a8bfvhe4f5a8138fd5c….

Pengguna dapat membagikan Session ID dengan Kontak yang diinginkan atau dapat menggunakan QR Codes.

Tanpa data breaches

Session messenger tidak mengumpulkan data pengguna jadi jangan kuatir dengan isu privasi.

Aplikasi messenger yang ter-desentralisasi menggunakan blockchain

Session messenger menggunakan blockchain sebagai inti. Selengkapnya lihat Loki blockchain.

Onion routing network tanpa jejak

Dalam validasi block baru dan menyimpan blockchain, Loki Service nodes melakukan routing Session secara aman dari pengguna ke pengguna. Teknologi Session onion routing membatasi informasi ke individual Service Node membuat hal yang tak mungkin untuk menyadap siapa berkomunikasi dengan siapa.

Transfer Sessions

Chat backups pada Sessions dapat dibuat dengan 2 cara. Pengguna dapat membuat backup lokal atau download chat logs setelah restore session.

Anti Sensor

Session memiliki fitur anti sensor yang mungkin akan bertolak belakang dengan kebijakan dibeberapa negara seperti Korea Utara sehingga kebebasan berpendapat lepas dari campur tangan pihak manapun.

Fitur Privasi lain

Session juga menawarkan fitur privacsi lainnya yang dimiliki oleh kompetitornya seperti Whatsapp, Telegram, atau Signal:

  • Message TTL: Memberikan pengguna opsi berapa lama pesan itu ditampilkan kemudian menghilang.
  • Read Receipts: Memberikan informasi kepada pengguna apakah pesan sudah dibaca atau belum.

Penasaran silahkan mencoba di link berikut https://getsession.org/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *