Amazon telah meluncurkan Distro Linux tetapi tidak untuk semua pengguna

Amazon telah meluncurkan distro linux bautan mereka sendiri yang diberi nama Bottlerocket.

Sebelum larut dalam eforia untuk menginstal distro tersebut ada yang perlu dingat bahwa distro tersebut bukan distro biasa seperti halnya Ubuntu, Fedora atau Debian. Jadi distro macam apa itu kisanak?

Bottlerocket: Linux distribution from Amazon for running containers

Jika sebelumnya belum mengetahui apa itu container silahkan dibaca artikel berikut

Banyak sekali inovasi teknologi di bidang IT terutama di Cloud Computing, Deploy Linux server di lingkungan virtualisasi hanya memakan waktu beberapa detik di Amazon AWS, Google, Linode, Digital Ocean Atau kita bisa deploy aplikasi dan service dalam bentuk containerseperti Docker dan Kubernetes.

Bottlerocket Linux is purpose-built by Amazon Web Services for running containers on virtual machines or bare metal hosts. 

Fitur Bottlerocket

Tidak Perlu paket update

Pada kebanyak distro linux, Porsedur update berasal dari update paket secara individual. Bottlerocket menggunakan image-based update dengan begitu kemungkinan konflik antar paket dapat dihindari

Read-only file system

Bottlerocket menggunakan primarily read-only file system yang secara keseluruhan dicek pada saat boot melalui dm-verity. Dan sebagai keamanan tambahan, akses SSH tersedia hanya pada admin container.

Update Otomatis

Pengguna dapat update Bottlerocket menggunakan orchestration service seperti Amazon EKS.

Penasaran?  Bottlerocket repositori tersdia di GitHub,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *