Home » Berita » Ada apa dengan TPM pada Windows 11?

Ada apa dengan TPM pada Windows 11?

Microsoft secara resmi mengumumkan Windows 11 yang secara radikal terjadi perubahan dalam UI, disamping itu Microsoft juga melilis dokumen terkait hardware requirement, salah satunya tentang alokasi minimal RAM 4GB dan 64-bit processor. Tampaknya beberapa pengguna menggalami kendala untuk mencoba di perangkat mereka dikarenakan isu keamanan pada modul TPM perangkat mereka.

Processor:1 gigahertz (GHz) atau di atasnya dengan minimum 2 core dengan arsitektur CPU 64 bit
RAM:4 gigabyte (4 GB)
Storage:64 GB atau lebih
System firmware:UEFI, Secure Boot capable
TPM:Trusted Platform Module (TPM) version 2.0
Graphics card:Kompatibel dengan DirectX 12 atau dengan WDDM 2.0 driver
Display:High definition (720p) display lebih besar dari 9″ diagonal, 8 bit per color channel
Internet connection and Microsoft accounts: Windows 11 Home edition membutuhkan koneksi internet dan akun Microsoft untuk melengkapi proses setup

TPM, atau yang lebih dikenal Trusted Platform Module, sebuah chip yang tertanam di motherboard atau CPU, TPM adalah singkatan dari Trusted Platform Module. Fungsi TPM adalah sebagai lapisan keamanan tambahan untuk melindungi data pengguna di Windows 11 yang memberikan keamanan tingkat tinggi terhadap keamanan data kita. data kemananan dalam TPM ter-enskripsi dalam bentuk encryption keys dan user credentials, TPM ini menjadi penghubung lapisan perangkat keras dan perangkat lunak yang menjadi menjadikan ancaman keamanan tidak mudah ditempus. Pada konsep ini menjadikan Microsoft lebih mudah mengimplementasikan fitur keamanan seperti Windows Hello dan BitLocker. Untuk melihat gambaran umum dari TP dapat dilihat pada diangam di bawah ini

Microsoft mempunyai alasan yang cukup kuat menjadikan TPM sebagai syarat untuk menjalankan Windows 11 diperangkat pengguna karena Windows 11 itu sendiri di desain untuk keperluan hybrid dan remote work. Ancaman dan serangan Cybersecurity meningkat pada masa pandemi ini dalam satu sisi banyak pengguna dan perusahaan menerapkan kebijakan WFH dengan pekerjaan yang bertumpu pada akses remote.

See also  Celah Pada WinRAR Secara Aktif Digunakan Untuk Menjalankan Malware di Windows

Pada sebuah penelitian menyatakan bahwa Microsoft menemukan 83% pelaku bisnis mengalami serangan firmware-based, akan tetapu hanya 29% yang mempunyai perilindungan yang dedicated pada perangkat mereka dan TPM merupakan pertahanan yang digadang gadang di OS Windows 11.

Walaupun bukan hal yang baru dimana TPM sudah diterapkan di perangkat Windows 10 sejak 2016. berbeda dengan Windows 10 yang dimana pengguna masih dapat mengupgrade OS ke windows 10 walaupun tanpa modul TPM, berbeda dengan Windows 11, pengguna tidak dapat meng-upgrade karena hal tersebut.

Menurut devisi Microsoft’s Director yang membidangi OS Security, kebanyakan CPU dalam kurun 5-7 belakangan ini telah mempunyai TPM dan cukup mengaktifkannya di BIOS setting. Pengguna dapan mengecek spesifikasi TPM dengan menjalankan “tpm.msc”.

Nah penasaran silahkan explore lebih siapa tahu ada trik untuk mencari celah bypass TPM ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *