Chrome OS 74 Dev Hadir Perbaikan Bagi Aplikasi Linux (Crostini)

Ketika pertama kali Google meluncurkan Chrome OS, pada saat itu hanya mampu menjalankan aplikasi berbasis web. dan baru beberapa tahun yang lalu mereka menambahkan dukungan kompatibilitas aplikasi Android. Tahun lalu Google memperkenalkan Crostini, sebuah tool yang memungkinkan menginstall aplikasi linux pada Chromebook.

Yah sesuatu yang cukup mengembirakan — User dapat menjalankan aplikasi seperti GIMP, LibreOffice, atau bahkan software lainnya.

Akan tetapi dengan cara ini, Aplikasi yang berjalan di Chrome OS tersebut berjalan di virtual machine yang dimana berada pada bagian OS utama yang menyebabkan beberapa fitur tidak berjalan sempurna.

Pekan ini Google merilis Chrome OS 74 Dev Channel yang dimana perbaikan pada kompatibilitas aplikasi linux yang lebih baik.

Sebagaimana rilis tersebut pada Chromebooks, pada rilis ini telah mendukung audio playback ketika menggunakan apilkasi Linux. Kurang beruntungnya sampai saat ini belum mendukung recording audio. Artinya, pengguna jika menggunakan aplikasi linux belum mampu merekam audio, misalnya skype dan aplikasi multimedia yang lain.

Berikutnya, fitur yang terbaik menurut kami adalah pada Chromebooks semua data penting akan dibackup pada cloud cloud. Jika suatu saat sistem bermasalah, Kita dapat “powerwash” dan mengembalikan pengaturan awal, kemudian login akun Google, dan kemudian akan merestore data kita dalam hitungan menit.

Pada rilis Chrome OS 74 Dev Channel telah mendukung initial support for backing up and restoring a Linux container. akan tetapi kita perlu mengaktifkan melalu flag (masukan url chrome://flags/#crostini-backup)

Pengguna masih perlu membuat backup secara manual, jika ingin menyimpan secara lokal atau upload ke Google Drive ketika pengguna ingin reset Chromebook atau hanya sekedar penasaran akan fitur ini

Perlu diingat juga bahwa fitur ini hanya tersedia pada rilis Chrome OS Developer Channel. Selebihnya ini adalah angin segar bagi pengguna yang terbiasa dengan aplikasi linux.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *