Codernate linux V3 “GUNANGE” Distro Lokal Base Arch Linux

Codename dari Codernate Linux mengambil filosofi dari bahasa lokal masyarakat Ternate, untuk menamai setiap versi Codernate Linux biasanya mengambil nama pengkodean berupa sebutan, hewan, benda, makanan, buah-buahan maupun istilah yang ada pada bahasa lokal masyarakat Ternate, sehingga diharapkan Codernate Linux dapat lebih familiar bagi kalangan masyarakat Ternate dan Ternate sendiri dapat di kenal di seluruh dunia.

Mengapa Arch Base? yah Arch menyajikan lingkungan instalasi yang sederhana (tanpa GUI), dikompilasi untuk arsitektur i686/x86-64. Arch itu ringan, fleksibel, dan sederhana.  Filosofi desain dan implementasinya membuatnya mudah untuk dikembangkan dan dibentuk menjadi sistem apapun yang Anda buat dari konsol minimalis hingga desktop mewah yang kaya fitur.  Arch menyediakan power user, kemampuan untuk membangun sistem dari dasar tanpa konfigurasi apapun. dan tentu saja Rolling release yang memungkinkan anda melakukan satu kali installasi dan akan ter-upgrade secara berkesinambungan tanpa harus melakukan install ulang atau upgrade secara besar-besaran.

Developer Codernate

Demikian dasar Tim pengembang memilih untuk menjatuhkan pilihan ke Arch Base. Codernate pada awalnya adalah sebuah forum diskusi online yang dibangun untuk mewadahi para peminat teknologi di Indonesia.
Nama Codernate Linux sendiri merupakan sistem operasi berbasis Linux yang dibangun oleh tim Codernate yang didirikan oleh Mochammad Ridwan salah satu penggiat dan pemerihati GNU/Linux yang berasal dari Maluku Utara dan merupakan ketua divisi sistem operasi yang ada di Zona IT Ternate sejak tahun 2015 sampai dengan sekarang.

Codernate Linux v3 “Gunange” hadir dengan Desktop Envitonment GNOME yang sudah dapat dipastikan mudah untuk digunakan. Gnome-theme dan icon-theme yang bersinergi dan dimodifikasi secara baik dan penuh perhitungan dari Tim pengembang untuk menjaga kenyamanan penggunaan. Aplikasi bawaan yang cukup membantu kebutuhan seperti aplikasi perkantoran, multimedia dan browser yang tersedia secara default. Tidak hanya itu saja, Codernate Linux v3 “Gunange” pun tersedia paket minimum untuk digunakan dalam kompetisi Capture The Flag dan bagi Auditor Digital Forensik dalam penelusuran dan analisis data digital secara mandiri.

Apakah Codernate cocok untuk Pemula?

Konsep kemudahan inilah yang ditawarkan oleh Codernate Linux kepada pengguna yang langsung dapat mengakses aplikasi untuk kegiatan pengerjaan Project Website maupun untuk kebutuhan sehari-hari.

  • Untuk aplikasi perkantoran Codernate Linux sudah menyiapkan WPS Office dengan tampilan yang mirip dengan Microsoft Office.
  • Aplikasi multimedia yang lengkap, dari sekedar memutar lagu favorit maupun video dan film.
  • Aplikasi Full Stack Web Developer, Codernate Linux telah menyediakan mysql server, HTTPD server (Apache) sebagai server lokal, PhpMyAdmin sebagai pengolah basis data, SSH sebagai pengendali komputer jarak jauh, BIND9 untuk pembuatan DNS lokal, SublimeText, Geany, Bracket dan Pingendo sebagai text editor untuk mempermudah pengetikan baris code dalam pembuatan sebuah website.
  • Aplikasi untuk menjalankan program Microsoft Windows (wine). Masih banyak program aplikasi atau software yang hanya dibuat berbasis Microsoft Windows, ini jelas menyulitkan pengguna open source, untunglah beberapa aplikasi dijalankan menggunakan Wine, atau bila Wine tidak mendukung aplikasi tersebut, pengguna dapat menggunakan aplikasi berbayar yang mendukung aplikasi Microsoft Windows tersebut.
  • Dan beberapa tools yang dibutuhkan oleh pengguna komputer. Menyediakan antarmuka, aplikasi yang simpel jelas merupakan peluang dan tantangan bagi seluruh pecinta, pemerhati, pengguna, dan pengembang open source. Peluang ini harus di ambil oleh semua pecinta Linux untuk mewujudkannya, apapun distro yang dipakai.

Apakah susah dalam Proses Instalasi?

Beruntunglah karena developer menyediakan poket book yang berisi panduan instalasi dan informasi pendukung lainnya.

Silahkan kunjungi

Official web https://codernate.org/

Link Download Grive

Poket Book Codernate

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *