Home » Linux » Linux Distro » Elementary OS 6 Odin

Elementary OS 6 Odin

Dari beberapa distribusi linux atau yang lebih dikenal dengan distro linux banyak yang digadang-gadang sebagai OS istilah umumnya desktop pengganti windows  ataupun macOS, ada salah satu yang menarik perhatian karena reputasi sebelumnya bahwa distro ini memiliki tampilan yang ciamik, yah kita telah mendengar elementary OS, nah distro inilah yang kali ini akan kita ulas yang pada 10 Agustus 2021 lalu meliris versi terbaru yang diberi code name Odin

Pada rilis Odin ini mengutamakan kemudahan pengguna untuk mengontrol penuh desktop mereka dengan banyak kemudahan mencakup banyak penambahan pada kontrol privasi

Apa itu elementary OS?

Elementary OS adalah salah satu  distro berbasis Ubuntu, yang pada awal debutnya menjadi distro populer untuk pengguna rumahan. Elementary menggunakan versi Ubuntu LTS (long-term support) terbaru. Salah satu alasan  terbesar Elementary OS menggunakan Ubuntu base dan menambahkan beberapa modifikasi mereka tidak lain tidak bukan hanyalah untuk sebuah tujuan untuk mudah digunakan dengan dibalut UI ala macOS dengan menyertakan dock  dan desktop environment tersebut diberi nama Pantheon.

Elementary OS juga memiliki toko aplikasi sendiri yang diberi nama AppCenter. Dalam beberapa. Aplikasi builtin mereka juga memberikan beberapa kostumisasi seperti custom-built text editor yang diberi nama Code. 

Fitur terbaru elementary OS “Odin”

Dalam penamaan distro elementary OS mereka membawa rangkaian mythology yang sedikit berbeda pada ubuntu. Penamaan Odin itu sendiri diambil dari mythology  dewa dimulai dari  Thor, si dewa petir. Pada versi sebelum Odin, rilis elementary diberikan codename Hera, Juno, Loki, Freya, Luna, dan Jupiter.

AppCenter dengan menggunakan Flatpaks

Pada versi Odin, elementary telah mengunakan 100 persen Flatpak pada semua aplikasi di AppCenter sejak April 2019. Flatpak adalah sebuah package manager pada  aplikasi. Flatpak yang memungkinkan aplikasi berjalan pada container sandbox. Ketika pengguna menginstal aplikasi pihak ke 3 di elementary OS 6 melalui AppCenter sejatinya pemguna sedang menggunakan Flatpak container system.

See also  Distro Linux Drauger OS membawa sensasi Console Gaming di Desktop

walaupun demikian, meskipun aplikasi yang tersedia di AppCenter berbasis Flatpak, jika pengguna menginginkan aplikasi-aplikasi yang tidak berbasis Flatpak, pada  terminal di elementary OS juga menyediakan 

Apt package manager yang sudah built-in.

Portals: Pengaturan permisssion Linux

Pada aplikasi apalikasi berbasis Flatpak tersebut terdapat fitur baru dalam hal privasi yang diberi nama Portals. Fitur ini dapt ditemukan di Settings > Applications > Permissions yang dimana pengguna dapat mengatur privasi pada masing-masing item.

Metode instalasi baru dengan Dark Style

Elementary OS pada versi ini juga menyertakan metode instalasi baru yang secara interface cukup cantik, ide dasar adalah  “instal OS terlebih dahulu tanpa perlu direpotkan pada konektivitas, user account, dan tentu saja update” dengan disisipkan fitur dark mode.

Multi-Touch dan Notifikasi

Pada platfom laptops dan tablet, elementary OS hadir dengan multi-touch pada tablet dan laptop touchpads. Memang tidak ada hal yang baru dikarenakan sudah ada beberapa platform menghadirkan fitur tersebut swipe up dengan tiga jari dapat mengaktifkan  multitasking view untuk melihat aplikasi yang dibukan dan juga workspace.

Notifikasi Desktop juga hadir dengan badge, dan action buttons yang memungkinkan untuk mengatur pada pop-up notifikasi di sebalah kanan layar desktop.

Kostumisasi lainnya

Pada versi odin ini banyak sekali kontumisasi daripada versi sebelumnya antara lain web browser, yang dikenal sebelumnya dengan kesimpelannya sekarang hadir dengan “intelligent tracking protection” ad blocking—yang keduanya ter-enable secara default. Eh ada lagi yang disematkan yaitu reader mode pada web browser dan aplikasi mail app yang keduanya menggunakan web process sandboxing sebagai upaya meperkuat segi ancaman keamanan.

Code text editor juga dimprovisasi dengan integrasi Git meliputi kemampuan berpindah/switch dan membuat branches. Code juga diimprovisasi dengan perintah Vim.

See also  Go Unbk, Distro Linux Untuk Solusi UNBK Sekolah

Oh ya ada lagi fitur yang bernama indikator Universal Access yang memudahkan mencari pengaturan fitur seperti  screen reader dan on-screen keyboard. 

Bagaimana mencicipi Odin

Pastikan mengunjungi web rilis resmielementary OS 6.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *