Fasilitas Terbesar Free And Open Source (FOSS) Di Dunia Di Buka di Kerala, India

Kerala CM Pinarayi Vijayan meluncurkan fasilitas IT terbesar yang terintergrasi Free Open Source pada sektor pemerintahan yang diberi nama ‘Swatantra.’

Dilangsir dari Indian Web 2, fasilitas tersebut dikembangkan oleh International Center Free and Open Source Software (ICFOSS), yang diprakasai pemerintah Kerala 2009. Swatantra adalah fasilitas yang menerapkan Free and Open Source Software yang menyediakan sarana pelatihan dan pusat inkubasi teknologi IT.

Dengan penerapan Swatantra, Pemerintah Kerala mampu menyediakan akses luas dalam penyediaan informasi yang ditujukan untuk percepatan pengembangan dibidang ekonomi dan bisnis.

Pemerintahan India telah mengadopsi FOSS pada hampir semua e-governance systems sejak Maret of 2015. FOSS-based systems menawarkan reliabiliti, transparansi, dan tentu saja efisiensi anggaran. Kerala mengadopsi kebijakan pro-FOSS IT pada 2001 dan merupakan satu-satunya di negara India.

Kerala juga menerapkan Society for Promotion of Alternative Computing and Employment Act (SPACE) untuk memgembangakan FOSS di bidang pendidikan, korporasi, pemerintahan. SPACE adalah komunitas resmi yang beranggotakan elemen dari pemerintahan, akademisi dan pakar indutri IT dan tenaga proifesional lainnya di banyak bidang.

Penasaran? silahkan kunjungi GitHub berikut ini



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *