Fitur Terbaru Google Chrome Untuk Memerangi lookalike URLs

Salah satu fitur yang akan datang di Google Chrome adalah tentang “Lookalike URLs” yaitu alamat domain yang sangat mirip dengan domain ternama misal facebook.com dengan facebook1.com yang biasanya ditujukan untuk penipuan seperti phising.

Yang mau icip-icip silahkan enable denga cara memasukan kode ini di addressbar dan klik enable

chrome://flags/#enable-lookalike-url-navigation-suggestions

Sebagaimana menurut catatan Ghacks, Tujuan dari peringatan di fitur ini bukan sekedar memberikan blok pada phising scam tetapi juga memberikan notifikasi di atas untuk memastikan kita dengan memberikan koreksi untuk mengunjungi situs asli tersebut

Tentu saja fitur tersebut akan banyak menyelamatkan pengguna awam dari link url palsu sebagai bentuk upaya pengurangan tindakan penipuan, phising dan sebagainya. Fitur ini sebelumnya juga pernah di test dalam bagian versi Canary di versi update chrome terdahulu.

Kedepannya, Google berencana menggunakan “Peringatan lookalike URLs” berbasis ada algoritma Chrome yag berarti keseluruhan deteksi domain yang dimasukan atau disalah-tuliskan dapat dieksekusi secara lokal. dengan cara ini, Peringatan tersebut dapat membantu pengguna menyadari potensi berbahaya dari sebuah web yang diproses instan di sistem mereka selang beberapa detik setelah mereka mengetiknya.

Yah, Sebuah langkah besar Tim Google Chrome yang untuk saat ini dipakai 65% pengguna internet. Reputasi berbanding lurus dengan upaya memberikan layanan keamanan para penggunannya.

Nah silahkan ditunggu fitur tersebut. Saya pribadi yakin fitur ini akan sangat membantu pengguna untuk berselancar dengan aman dan nyaman, walaupun pada dasarnya sebuah ancaman sebagian besar berasal dari keterbatasan pengetahuan pengguna.

Sudah pernah mencari google di google??? di sinilah tanda-tanda Kiamat Internet sudah dekat, hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *