Microsoft Love Linux!!! – Generasi Windows Yang Akan Datang Akan Dengan Mudah Mengakses File System Linux

Pernikahan Linux dan Windows akan semakin kuat. Microsoft saat ini sedang serius menunjukan cintanya kepada Linux, hal ini terlihat pada Update Windows 10 pada April 2019 yang dimana sangat memungkinkan akses File Linux dari Windows.

Tidak hanya itu, pada windows explorer di Windows 10 version 1903 memberikan opsi editing File Linux yang dimana pada versi sebulumnya untuk mengakses file Linux membutuhkan trik khusus dan berpotensi mengalami file korup. Tetapi dengan WSL (Windows Subsystem for Linux) pada Windows 10 versi 1903, Microsoft menjelaskan bahwa “Pada update tersebut akan diberikan fitur dalam mengakses Linux file system dari Windows, dan memberikan opsi lebih dalam manajemen dan konfigurasi distrosdari command line”.

Microsoft’s melalui Craig Loewen berkata:

In the past, creating and changing Linux files from Windows resulted in losing files or corrupting data. Making this possible has been a highly requested and long anticipated feature. We’re proud to announce you can now easily access all the files in your Linux distros from Windows.

“We’re proud to announce you can now easily access all the files in your Linux distros from Windows.” pada point inilah bocorannya

Bagaimana cara kerjanya?:

Singkatnya: server file protokol 9P memfasilitasi permintaan terkait file, dengan Windows bertindak sebagai klien.

Kita telah memodifikasi WSL init daemon untuk menjalankan 9P server. Server ini berisi protocol-protokol yang mendukung Linux metadata, mencakup permissions. terdapat Windows service dan driver yang bertindak sebagai klien dan berkomunikasi dengan 9P server. Klien dan Server berkomiunikasi melalui AF_UNIX sockets, penjelasan lebih pada posting berikut.

Fitur ini sangat mudah digunakan:

Cara terbaik untuk menggunakan fitur ini dengan cara > open your favorite distro, Pastikan folder dimana berada adalah folder home Linux , masukan perintah :

explorer.exe .

Perintah ini akan membuka File Explorer window pada Distro Linux kita.

Penasaran silahkan tunggu update tersebut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *