Home » FOSS News » helloSystem – FreeBSD Project Emits 0.5 bernuansa UI Mac

helloSystem – FreeBSD Project Emits 0.5 bernuansa UI Mac

helloSystem, sebuah proyek yang memoles FreeBSD dengan UI mirip macOS telah rilis pada versi 0.5

Pada rilis versi 0.5 helloSystem berbais FreeBSD 12.2 hal ini terlihat di release notes dengan beberapa perbaikan seperti “sudo su works now”, “pengaturan ukuran fontasi” dan “menu pada dekstop di multi-monitor setup”.

Juga terdapat sebuah catatan bahwa semua komponen inti dibangun diatas Linux yang memungkinkan untuk dilis pada versi linux juga kedepannya, sabagai tambahan helloDesktop juga dapat menggunakan desktop alternatif dengan pilihan window manager, KWin, ataupun OpenBox.

Perubahan komponen inti tersebut mencakup “spatial mode” yang berarti folder akan dterbuka pada window baru yang secara default dapat disesuaikan di pengaturan. Filter juga mempunya menu Go To , context menu dalam membuka file pada mode root, keyboard shortcut baru, dan shows file volumes di desktop.

Kemiripan dengan macOS dijumpai pada dalam bebrapa antar muka sperti menu aplikasi muncup pada system menu bar.

Repositori helloSystem ada di GitHub yang dimana dibagi menjadi 16 proyek, termasuk key utilities seperti Menu (global menu bar), Filer, dan Dock.

Implementasi UI terinspirasi olej macOS dan juga berdasarkan pada on Bruce Tognazzini dalam First Principles of Interaction Design.

Sederhananya, helloSystem menawarkan opsi dalam menggunakan free software dan juga mebawa filosofi macOS “insanely great” dengan minimalitasnya.

System menggunakan OpenZFS sebagai file system, dengan custom Qt-based desktop (helloDesktop) traditional windowing, desktop dock, dan global menu plugin unik

HelloSystem juga hadir dengan babarapa aplikasi LibreOffice, GIMP, and Chromium. Falkon web browser, Qt-based text editor dan tentu saja Terminal.

See also  Google Meluncurkan Platform AI Mirip RaspBerry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *