Mengetahui Kompatibilitas Camera2 API di Android

Camera2 API adalah sebuah framework yang mengijinkan developer mengakses fitur kamera seperti exposure, focus, atau ISO, yang akan mereka kostumisasi dan optimalisasi pada aplikasi buatan mereka.  API ini yang dimana merupakan successor dari API Adroid sebelumnya menyediakan akses langsung ke camera hardware.

Camera2 API diperenalkan 4 tahun yang lalu Google I/O 2014 yang pada saat itu berbarengan dengan Android 5.0 Lollipop.

Apa itu Camera2 API?

Para pengembang pihak ke tiga dapat menggunakan Camera2 API untuk optimalisasi penuh Kontrol manual melalui sensor handphone, lensa, dan flash dalam mempereloh frame rates yang lebih baik (30 fps burst mode), RAW capture support, HDR+ Kontrol fitur lainnya. Hal ini dapat terlihat pada aplikasi Google Camera yang mengolah algorithma komplek dan fungsi AI functions dalam menangkap gambar foto yang menakjupkan. Berikut fitur Camera2:

Bagi rekan semua yang telah pernah merasakan menggambil gambar dari google camera di pixel atau di perangkan Android lainnya (google cam mod) pasti sudah tahu bagaimana kualitas tangkapan gambar pada kamera tersebut. dan yang penasaran dengan Google Camera di perangkat lain silahkan googling yah. Di sini akan disajikan bagaimana kita mengetahui apakah kamera kita telah mendukung Camera2 API .

Bagaimana mengecek dukungan Camera2 API

Untuk mengetahui apakah kamera handphone kita tekah mendukung Camera2 API yaitu dengan cara sederhana dengan menginstal the Camera2 API Probe app (Free) dari Play Store.

Seperti yang kita lihat di screenshot tersebut, Camera2 API Probe app akan menampilkan lists “Hardware Support Level” baik untuk kamera depan dan belakang diwakili dengan ID 0 dan 1 respectively. Informasi tentang Camera2 API capabilitas yang didukung Android smartphone kita.

  • LEGACY: Android phones tersebut mendukung hanya Camera1 API. tidak Camera2 API.
  • LIMITED: Mendukung beberapa fitur Camera2 API.
  • FULL: Pada Smartphone Android berikut ini (seperti Poco F1) telah mendung semua fitur Camera2 API.
  • LEVEL_3:  Perangkan dengan level ini mendukung YUV reprocessing dan RAW image capture.

Bisakah Enable Camera2 API?

Jika perangkat kita tidak mendukung Camera2 API, ada beberapa trik untuk enable Camera2 API dengan cara Nge-root perangkat kita, dan kemudian edit “build.prop” file diperangkat kita atau dapat menggunakan Magisk modul Camera2 API.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *