Mycroft – AI di Linux? Yah Kita Bangun Sendiri, Ajari dan Explore Lebih Jauh Lagi

Apa itu Mycroft AI ? Seperti halnya predikat AI (artificial intelligence) yang sering kita menyebutnya kecerdasan buatan.

Mycroft AI adalah Open Source Voice Assistant

Setelah kami tulis artikel tentang tren IoT di masa depan post sebelumnya. Persaingan Voice Assistant semakin ketat, Alexa, Echo, Google Assistant, Bixbi, Cortana, dan masih banyak lagi di tabel berikut

Voice Assistant List

Mycroft merupakan Voice Assistant pertama berbasis open source yang dapat berjalan dari perangkat apapun, Desktop dan variannya, Automobile, atau Raspberry Pi. Berbekal software opensource yang secara bebas dikembangkan bersama-sama. Mycroft dapat diterapkan di banyak bidang mulai dari bidang proyek science dan bidang manufaktur persahaan.

Sebagai Voice Assistant, Mycroft dapat dikembangkan tanpa batas sesuai dengan imajinasi para pengembang. Jika menginginkan Mycroft mempunyai kemampuan baru? Kiat bisa mengajari Mycroft selayaknya seorang bayi yang mulai belajar bertahap, kita dapat berbagi tentang perkembangannya, dan mengembangkan bersama-sama dengan banyak pengembang di seluruh dunia.

Platform Mycroft mana yang terbaik untuk kita?

Mycroft.AI menyediakan beberapa pilihan.

Mark 1: Mark 1 lebih menekankan pada hardware oriented yang artinya Mark 1 dapat di desain sesuai kebutuhan Mycroft sebagai perangkat mandiri (standalone) . Menurut tim Mycroft, Mark 1 diperuntukan bagi seorang yanng memang sangat berfokus pada hal teknik a.k.a super technical, mempunyai kemampuan advanded supaya dapat beradaptasi dengan Mark 1.

Mark 1

Picroft: Picroft adalah platform Mycroft yang berjalan di Raspberry Pi 3. Kita membutuhkan Raspberry Pi 3, headphones dan USB microphone (lihat list perangkat). Cukup menyiapkan tool disk images ke Micro SD card, kita dapat menggunakan Etcher.

Mycroft untuk Linux: Jika kita cukup cakap di lingkungan dekstop linux, Platform ini sangat cocok hanya dengan dari shell script atau standalone installer. Ada beberapa isntaller yang tersedia salah satunya KDE Plasmoid. yah jika kita masuk golongan “geeks”.

Android: Tim Mycroft telah menyediakan source code utnuk kemudian di kostumisasi dengan Android Studio dan kompile menjadi APK android, yah lagi lagi jika kita golongan “geeks”.

Bagaimana jika Platform kita blm tersedia?

Tim menyediakan informasi untuk memantau perkembangan dan pengembangan. Cukup pantegin kanal subscribe.

Tertarik silahkan kunjungi https://mycroft.ai/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *