Home » Review » Tweaking windows 11 agar produktivitas makin joss

Tweaking windows 11 agar produktivitas makin joss

Setelah mencoba windows 11 versi beta, rasa penasaran kian membabi buta, salah satunya dengan memoles tampilan, optimalisasi fitur dan juga instal aplikasi penunjang lainnya.

Dimulai dari optimalisasi tampilan ada beberapa yang perlu kita coba:

 Snap control

Windows 11 juga menempatkan snap control baru yang dapat mengkases di maximize button di semua aplikasi, pengguna akan dengan cepak mengakses fitur side by side, atau menyusun di sections pada desktop pengguna.

dengan hovering mouse di ikom maximize kita bisa susun layout aplikasi window sesuai denga laylout yang kita kehendai, misal saja kita membuka 3 aplikasi, maka kita bisa memilih layout yang sesuai.

sebagai contoh, saya membuka chrome untuk posting berita sementara windows explorer dan aplikasi your phone berjalan karena saya baru saja mencoba fitur sinkornisasi android saya dengan windows 11. nah layout yang saya pilih seperti pada gambar.

Memindahkan Alignment start menu

secara default start menu berada di tengah taksbar, akan tetapi kita bisa memindahkan ke posisi awal seperti di windows sebelumnya dengan cara klik kanan pada taskbar > taksbar setting > taksbar alignment >center

Atur personalisasi tampilan

Seperti versi windows sebelumnya secara umum pengaturan personalization tidak jauh berbeda, hanya saja ada beberapa penambahan seperti pengaturan font, accent color yang dapat diatur sesuai dengan backround walpaper yang digunakan.

Pada pengaturan tema terdapat beberapa tema default bawaan, akan tetapi jangan kuatir kita bisa menambahkan tema lain di windows store.

Task View dan Multitasking

Ketika pengguna mengklik task view maka akan tampil taskview dari aplikasi window yang sedang aktif dengan tampilan virtual desktop di bagian bawah. Kita dapat memindahkan aplikasi window ke virtual desktop dengan mengklik kanan pada window yang akan di pindahkan

See also  Samsung punya dua jagoan Laptop ARM,Galaxy Book Go dan Galaxy Book Go 5G

Quick look ala macOS (perlu tambahan aplikasi dari Windows Store)

Fitur quick view macOS memang sangat memudahkan dalam menujang produktivitas kita, di file manager macOS yang disebut Finder, File dapat dipreview tanpa harus membuka file, cukup arahkan cursor ke file tersebt, tekan space, maka file preview akan muncul pada ekstensi file apapun. cukup menyingkat waktu dalam bekerja.

Quick view di macOS

Untuk menikmati fitur quick look ala macOS kita perlu menginstall aplikasi QuickLook dari Windows Store

Cara kerjanya hampir sama, cukup buka explore, arahkan cursor ke file kemudian pencet tombol space

Untuk menambahkan plugin di quickLook kunjungi link github berikut

Sinkronisasi Handphone (android) ke Windows

Sebagai penunjang produktivitas dan multitasking kita, kadang kita bekerja secara bersamaan dengan perangkat berbeda, misal saja kita sedang menulis blog sambil berbalas pesan atau melihat notifikasi di handphone atau ingin mengambil foto untuk diposting di blog kita dari hanphobe kita.

Ada dua syarat yang harus dipenuhi, yang pertama kita harus menginstal aplikasi Your phone Companion di Android kita yang tersedia di Google Play

Syarat ke dua kita harus install aplikasi Your Phone di windows kita lewat Microsoft Store

Setelah itu ikuti tahapan yang ada di handphone maupun di windows kita

dan notifikasio juga akan muncul di windows 11 Notification sidebar

Terminal untuk remote linux server (aplikasi windows terminal)

Bagi kita yang terbiasa remote linux server lewat terminal, kita juga bisa melakukannya di windows, melalui aplikasi windows terminal – Aplikasi ini sudah built-in (jika tidak bisa diinstall manual di windows store)

Kita ingin remote via protokol telnet, ssh atau protokol lainnya bisa melalui aplikasi ini, berikut screenshotnya

See also  Windows 11 Beta sudah bisa dicoba!!!

Office Web Based (aplikasi office di web)

jika dirasa untuk membeli MS Office belum mampu, kita dapat bekerja dengan file dokumen office (word, power point, excel) secara online lewat web dengan syarat kita login ke akum MS live. berikut ini tampilannya

Nah lanjut part 2 yah di post berikutnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *